Warungboto : Calon "Pesaing" Tamansari

Situs Warungboto
Situs Warungboto

Pernah ke Tamansari? Jika brosis pernah ke Tamansari pasti sudah tidak asing dengan wisata yang menyajikan sebuah taman bertema Jawa klasik. Yup Tamansari merupakan taman (pesanggrahan) yang menjadi bagian dari keraton Yogyakarta. Nah brosis, Sebenarnya bukan hanya Tamansari saja loh, masih banyak lagi pesanggrahan lain yang tersebar di kota Jogja.

Namun karena telah di makan usia dan sebagian lagi sudah menjadi pemukiman penduduk situs-situs tersebut tidak bisa di renovasi. Akan tetapi ada beberapa yang di coba untuk di ekskavasi kembali salah satunya adalah situs Warungboto ini. Yup, Warungboto atau dulunya yang di kenal sebagai Rejowinangun kini sudah semakin cantik saja brosis.

Puing-puing bekas bangunan yang dulunya berserak-serak kini telah di rapikan. Selain bangunan utama, kolam, dan masjid kini ada bangunan lain yang telah selesai di pugar yaitu bangunan sisi selatan yang bertingkat. Renovasi sendiri juga mempertahankan warna asli dari bangunan itu sendiri brosis. Dengan begitu saat pertama kali memasuki situs Warungboto ini pengunjung akan terasa di bawa mesin waktu untuk kembali ke masa lalu.

Pada awalnya bangunan ini di bangun pada tahun 1785 sebagai tempat peristirahatan (pesanggrahan) Hamengku Buwono ke II. Namun sayang beberapa tahun kebelakang situs peninggalan ini tidak di rawat sehingga banyak kerusakan di sana sini. Jadi baru-baru ini saja situs Warungboto mulai untuk di pugar dan di jadikan sebagai tempat wisata sejarah "pesaing" Tamansari.

Ya, Warungboto dan Tamansari sama-sama situs peninggalan yang berupa pesanggrahan yang memiliki ciri khas bangunan yang sama. Mungkin karena Tamansari lebih dulu di pugar maka Tamansari lebih terkenal di banding dengan Warungboto. Setiap hari Tamansari selalu di padati oleh pengunjung khususnya pada saat hari libur.

Kedepannya, Warungboto juga di harapkan bisa seperti Tamansari sekrang. Bisa menarik banyak wisatawan. Selain itu dengan memajukan wisata Warungboto akan berdampak positif bagi warga di sekitarnya. Akan ada lapangan pekerjaan baru dan menambah pendapatan warganya.

Untuk alamat dari Warungboto berada di Jalan veteran, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta. Rute menuju Situs Warungboto paling mudah adalah dari XT Square ke arah timur sedikit, kemudian setelah sampai perempatan belok kiri lurus ke utara kurang lebih 500 meter hingga pertigaan, nah disitu sudah ada sign Situs Warungboto yang tak terlalu terlihat dari jalan utama.

Last, selain Tamansari ada satu lagi yang menarik untuk dikunjungi brosis. Semoga saja kedepannya Warungboto akan naik "pamor" seperti Tamansari sekarang. endribird.com

Comments

Popular posts from this blog

Sekaten 2017 Jogja

Miago icip2 : Makan mie beserta mangkuknya

Puncak Gebang Jogja