Hati-Hati Ke Pantai Baron Sekarang! Palung Laut Bermunculan Di Sana

Bahaya Palung Laut Pantai Baron Gunung Kidul
Pantai Baron Gunung Kidul

Brosis siapa sih yang tak mengenal pantai Baron Gunung Kidul? Pasti banyak dari brosis yang sudah mengetahuinya. Pantai yang merupakan "senior" dari berbagai pantai di Gunung Kidul ini belakangan banyak bermuncukan palung laut di sana. Praktis brosis dengan bermunculan palung laut di sana maka pengunjung di himbau untuk berhati-hati saat bermain di pantai Baron.

Yup, bagaimana tidak brosis, palung laut adalah semacam jurang sempit yang berada di dasar laut. Nah, palung laut yang berada di pantai Baron ini terbentuk karena adanya pertemuan antara sungai dan laut yang sering juga di sebut sebagai "tempuran". Aliran air sungai di bawah ini menerobos dasar laut atau lantai laut dan bertemu dengan arus laut sehingga membentuk palung.

Palung-palung ini berpotensi menyeret siapa saja yang sedang bermain di atasnya. Jadi untuk semua pengunjung pantai Baron di himbau untuk selalu waspada. Jangan berenang terlalu jauh ke tengah. Untuk berjaga-jaga tim SAR telah mengerahkan personel untuk lebih berjaga di pantai Baron selama libur panjang akhir tahun ini.

Jetski dan perahu penolong sudah di siapkan dan dapat di gunakan sewaktu-waktu ada kejadian. Pun begitu tetap saja kewaspadaan diri masing-masing tetap menjadi kunci utama menjaga keselamatan diri. Walaupun tim SAR sudah siap sedia mengerahkan personel dan alat akan tetapi jika pengunjung tidak berhati-hati maka laka laut tetap saja bisa terjadi.

Di tambah dengan berpindah-pindahnya lokasi palung laut ini membuat keberadaannya sulit di deteksi. Mungkin hari ini berada di lokasi A mungkin esok hari berada di lokasi B. Hal ini di tunjang karena saat ini musim hujan. Karena hujan membuat aliran sungai semakin deras yang berujung semakin mudahnya terbentuk palung-palun laut di sana.

Bandingkan saja saat musim kemarau yang hanya ada 1 palung laut. Sejauh ini sudah di temukan sebanyak 4 titik palung laut di pantai Baron. Jumlah ini sewaktu-waktu dapat berkurang maupun bertambah.

Ada beberapa ciri-ciri dari palung laut ini brosis. Di permukaan akan terlihat air yang keruh, akan tetapi di bawah air keruh ini terdapat arus yang sangat deras yang dapat menyeret siapa saja hingga ke tengah laut. Jadi hindari permukaan air yang memiliki ciri-ciri semacam ini. Buat yang belum mengetahui alamat pantai Baron berikut alamatnya : Pantai Baron, Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta.

So, selalu waspada brosis jika pantai Baron masuk dalam daftar kunjungan liburan akhir tahun ini. Selalu awasi diri sendiri dan orang-orang terdekat brosis. Matur nuwun. endribird.com

Comments

Popular posts from this blog

Sekaten 2017 Jogja

Miago icip2 : Makan mie beserta mangkuknya

Puncak Gebang Jogja