Awas Buaya Di Sekitar Muara Sungai Bogowonto Kulon Progo

Awas Buaya Di Kulon Progo
Awas Buaya Di Kulon Progo

Wah setelah terjadi di Gunung Kidul dengan peringatan bahayanya akan Palung Laut Di Pantai Baron saat ini dunia pariwisata Kulon Progo pun mengalami hal yang serupa. Yup, saat ini di sekitar muara sungai Bogowonto ada seekor buaya dengan panjang sekitar 3 meter berkeliaran di sana.

Praktis hal ini dapat mengancam keselamatan para pengunjung pantai dan para nelayan di sekitaran muara sungai ini. Awalnya buaya di ketahui berkeliaran di muara sungai Bogowonto sejak Jum'at malam (23/12). Dengan informasi tersebut Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Jogjakarta Untung Suripto langsung berkoordinasi dengan kepolisian dan warga sekitar untuk melakukan pencarian.

Buaya sempat menampakan diri pada pukul 20:30 dan 01:30 dini hari, namun kembali menghilang setelahnya. Sejak pagi (24/12) 5 orang personil BKSDA telah di kerahkan untuk memancing dan menangkap buaya tersebut di pantai Congot dengan alat evakuasi buaya dan menggunakan umpan itik hidup. Buaya biasanya akan bereaksi dengan umpan bergerak seperti itik yang masih hidup seperti ini.

Dari hasil pemantaun buaya tersebut merupakan buaya muara yang di lindungi. BKSDA Jogja sedang berusaha berkoordinasi dengan BKSDA Jateng apakah ada buaya yang terlepas dari penangkaran sehingga buaya tersebut berkeliaran di sekitar muara sungai Bogowonto.

Petugas Pos Sea Rider TNI AL Pantai Congot, Kopka Rokimanto menambahkan buaya tersebut sempat melintas di pintu muara buaya berenang ke arah timur hingga selatan Sindutan. Menurut dia, sudah dilakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam hal ini Polairud, Polsek Temon, dan BKSDA Jogjakarta.

Selain mengamankan pengunjung, petugas juga akan berusaha untuk mengamankan buaya agar selamat, mengingat buaya muara ini merupakan hewan yang di lindungi. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika keadaan membahayakan akan di lakukan eksekusi pada buaya. Sayangnya hingga hari Senin (26/12) sepertinya pencarian buaya belum membuahkan hasil.

Petugas menghimbau kepada seluruh nelayan dan pengunjung pantai untuk selalu waspada dan hati-hati. Terlebih saat buaya lapar akan sangat berbahaya dan agresif. Hubungi petugas yang bersangkutan segera jika melihat buaya tersebut.

Semoga saja brosis buaya segera cepat bisa di evakuasi sehingga keadaan wisata di sekitar muara sungai Bogowonto ini bisa kembali aman dan kondusif. Selalu waspada dan hati-hati, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. matur nuwun. endribird.com

Comments

Popular posts from this blog

Sekaten 2017 Jogja

Miago icip2 : Makan mie beserta mangkuknya

Puncak Gebang Jogja